PELUANG PENGURANGAN RADIKAL APLIKASI PUPUK NITROGEN

Hasil penelitian selama 30 tahun oleh sekelompok ilmuwan internasional telah membuka misteri suatu mekanisme organik di dunia tumbuhan yakni kemampuan yang memungkinkan pengurangan secara radikal aplikasi pupuk nitrogen dalam pertanian. Mekanisme tersebut juga bisa sangat mengurangi polusi lingkungan oleh nitrogen dan bahkan emisi gas rumah kaca oksida nitrit yang ratusan kali lebih berbahaya karbon dioksida.

Kerjasama internasional penelitian tiga dekade itu dipicu oleh temuan para peneliti pada Pusat Internasional Pertanian Tropis (CIAT) tahun 1980. Hasil pengamatan mereka menunjukkan berkurangnya nitrifikasi di lahan-lahan penggembalaan yang ditanami rumput jenis Brachiara. Terbukti pula bahwa jenis rumput tersebut mengeluarkan lebih sedikit oksida nitrit.

Proses nitrifikasi dalam sistem pertanian merupakan proses microbial yang membocorkan nitrogen ke lingkungan dan menjadi salah satu penyebab utama mengakibatkan polusi nitrogen. Nitrifikasi yang disusul denitrifikasi melepaskan gas rumah kaca oksida nitrit (N2O) yang kekuatan efek rumah kacanya 300 kali CO2.

Penelitian tersebut membuat terobosan penting bersejarah dengan penemuan suatu bahan kimia yang belum dikenal selama ini, yakni brachialactone, suatu senyawa kimia yang dikeluarkan dari akar tanaman pakan hijauan tropis rumput Brachiara humudicola (Rendle) Schweik.

Senyawa inilah yang berperan menghalangi proses nitrifikasi. Temuan tersebut sangat penting bagi peningkatan efisiensi nitrogen pada tanaman serealia yang boros nitrogen karena hampir 60% pupuk nitrogen yang diaplikasikan terbuang tidak terpakai.

Penelitian tersebut dikerjasamai oleh CIAT yang bermarkas di Colombia dengan Japan International Research Center for Agricultural Sciences (JIRCAS) National Food Research Institute (NFRI) Jepang.

Selain dari ketiga lembaga tersebut, para ilmuwan dari beberapa lembaga lain ikut dilibatkan, di antaranya International Development Research Centre, Kanada; Corpoica, Columbia; dan Universitas California, Amerika Serikat.

SUMBER ARTIKEL : http://www.sinartani.com/iptek/peluang-pengurangan-radikal-aplikasi-pupuk-nitrogen-1275894467.htm

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: