>Bermain dengan berbagai karakter orang

>Sepak bola itu sungguh menarik untuk diamati. Dalam sebuah pertandingan ada 22 orang yang ada di dalam sebuah lapangan. Konflik yang terjadi antar tim merupakan hal yang biasa terjadi dalam pertandingan. Bahkan konflik yang terjadi di dalam sebuah tim merupakan hal yang juga wajar terjadi. Bermain dengan banyak orang dengan berbagai warna merupakan hal yang menarik. Adakalanya sebuah tim tersebut memiliki pemain-pemain yang berasal dari wilayah atau negara yang berlainan. Tentu saja karakter merekapun juga berbeda. Pelatih yang menangani sebuah tim harus memiliki kemampuan khusus untuk menghadapi hal ini. Dia tidak hanya berurusan dengan teknik bermain bola, namun seringkali urusan perbedaan karakter yang berujung dengan konflik harus mendapatkan penanganan secara khusus. Pelatih akan gagal membawa tim menjadi juara bila masing-masing pemain mempertahankan egonya dan memaksakan gaya masing-masing. Ini akan mengacaukan rencana bersama.
Perbedaan yang tak terjembatani bisa merusak sebuah tim hebat sekalipun. Nyaris semua pemain pernah merasakan betapa sebuah tim yang sarat konflik tak pernah bisa bergerak kemana-mana. Selalu saja ada yang menghambat. Mirip ketika kita dihadapkan pada konflik tidak terselesaikan. Di rumah, ditempat kerja maupun dilingkungan pergaulan kita. Dunia ini diciptakan dengan banyak perbedaan. Jika kita bisa merangkul semua orang, rasanya tak ada kesulitan yang tidak bisa dipecahkan bersama.
Bila dikaitkan dengan aktivitas kita sehari-hari, keberhasilan kita dalam menjalankan sebuah tugas juga tidak semata-mata berkaitan hanya dengan masalah teknik melaksanakan tugas. Hampir setiap hari kita juga harus bijak menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbedaan karakter dari orang-orang yang ada di sekitar kita. Tentu saja Anda tidak hanya bertemu dengan orang-orang yang memiliki kesamaan dengan Anda bukan? Setiap hari kita bertemu dengan orang-orang dengan perbedaan agama, suku, pekerjaan, latar belakang, usia, dan lain sebagainya.
Untuk menghadapi hal ini ini yang kita lakukan bukanlah menghindari perbedaan-perbedaan ini, melainkan mencari cara-cara terbaik untuk bisa tetap bekerja sama dengan berbagai macam orang ini.
Renungkan :
Perbedaan adalah hal yang sangat baik bila kita mampu merangkaianya dengan indah. Ini berlaku untuk warna pelangi, keindahan warna bunga, resep masakan dan kehidupan kita dalam bersosialisasi dengan orang lain di sekitar kita.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: