USUI REIKI

Reiki, sebuah kata dalam bahasa Jepang berarti kekuatan universal, atau energi Ilahi, dan merupakan sistem penyembuhan yang dianggap kebanyakan orang berasal dari Tibet . Praktik ini dipercaya telah diturunkan dari pengajaran Veda kuno, kumpulan tulisan yang diberikan pada Rishi besar (orang bijak) beberapa ribu tahun yang lalu. Teks tertua yang masih tersimpan berumur lebih dari 5.000 tahun. Reiki bukanlah agama. Walaupun praktik penyembuhan ini dikenal di semua kebudayaan di seluruh dunia, sistem ini memiliki dimensi spiritual. Reiki adalah konsep penyatuan karena sekarang ini telah diterima secara global. Reiki mengajarkan penyatuan dan harmoni. Reiki adalah harmoni dengan alam dan dapat digunakan untuk menyembuhkan pepohonan, manusia, dan binatang, dan bahkan dapat digunakan untuk membantu memurnikan dan mengharmonisasikan air dan udara. Reiki ditemukan di awal abad ke dua puluh oleh seorang Jepang bernama Mikao Usui. Di kemudian hari, dia mengembangkannya menjadi suatu sistem penyembuhan yang dia berikan pada orang lain melalui attunement (dalam bahasa Jepang disebut reiju, yang artinya “menerima energi/spirit”). Pada saat ini, sistem ini dipraktikkan oleh berjuta-juta orang di seluruh dunia.

Asal Mula

Pengetahuan mengenai sistem penyembuhan kuno lain memberikan penerangan pada asal mula Reiki sebelum Usui. Teknik penyembuhan Budha Tibet yang digunakan oleh penganut Budha Medicine menggunakan tangan yang diletakkan di tubuh seperti yang dilakukan oleh Reiki, dan kemampuan untuk memberikan metode penyembuhan ini melalui attunement dari guru ke murid. Diajarkan secara lisan dari guru ke murid, cara ini sama dengan metode inisiasi atau attunement Reiki. Ada banyak turunan spiritual lain dalam aliran Budha Tibet yang melibatkan pemberikan ilmu melalui attunement. Karena Budha Tibet adalah satu-satunya cara Budha yang menggunakan attunement, kelihatannya apa yang ditemukan oleh Dr. Usui adalah teknik Tibet kuno yang telah hilang. Seperti kita ketahui, turunan spiritual tipe ini dapat berakhir karena kegagalan guru untuk menurunkannya. Turunan ini baru akan terjadi kembali ratusan atau ribuan tahun kemudian ketika seorang pendeta atau pencari spiritual menerima instruksi dan attunement dalam pengalaman mistisnya. Mungkin ini yang terjadi dengan Dr. Usui. Mungkin dia adalah Master Penyembuh di kehidupan sebelumnya dan ini telah membuatnya yakin untuk mencari kekuatan penyembuhan kembali. Mungkin semuanya akan dimulai kembali ketika Reiki milik Dr. Usui aktif kembali selama pengalaman mistiknya.

Sejarah Reiki

Reiki adalah bentuk penyembuhan kuno yang dipercaya telah menyebar melalui Tibet, Cina dan India beberapa ribu tahun yang lalu. Reiki ditemukan kembali sekitar 120 tahun lalu oleh Dr. Mikao Usui dan berkembang melalui pengalaman dan dedikasinya. Reiki datang dari Jepang ke dunia barat melalui California dan Hawaii.

Mikao Usui dilahirkan di sebuah keluarga kaya pada tanggal 15 Agustus 1865 di Kyoto Jepang. Pada masa kanak-kanaknya, dia belajar di biara Budha Tendai. Dia mengikuti ajaran Budha di seluruh hidupnya dan menjadi orang yang sangat spiritual. Dr. Usui menjadi Profesor Teologi Kristen. Suatu hari seorang muridnya bertanya “Bagaimana tepatnya Yesus menyembuhkan?” Dr. Usui tidak dapat menjawab pertanyaan murid tersebut dan memutuskan untuk meninggalkan posisinya dan mencoba menemukan jawaban atas pertanyaan tersebut. Dia menghabiskan waktu lama untuk mencari rahasia ilmu penyembuhan kuno.

Selama belajar di biara Tibet, Dr. Usui menemukan teks manuskrip kuno yang memuat simbol penyembuhan. Dia percaya bahwa simbol-simbol tersebut dalam membuka kekuatan penyembuhan pada pemimpin spiritual seperti Yesus dan Budha. Karena tidak seorangpun di dalam biara yang dapat menjelaskan arti simbol-simbol tersebut, dia memutuskan untuk mencari dari dalam dirinya sendiri. Dia pergi ke puncak Gunung Suci Kuri Yama di Jepang dan menjalankan 21 hari proses pemurnian, puasa dan meditasi yang menghasilkan pencerahan dan kuasa penyembuhan. Dia turun dari gunung dan menghabiskan waktunya mempraktekkan dan mengajarkan apa yang sekarang kita kenal sebagai REIKI. Mikao Usui dimakamkan di Kuil Saihoji di Suginami-Ku, Tokyo. Murid-muridnya mendirikan sebuah tugu peringatan untuk mengenangkan hidup dan karyanya di Reiki.

Apa itu Attunement?

Attunement adalah cara membuka diri untuk menerima energi getaran yang lebih tinggi untuk keperluan penyembuhan pribadi. Dengan kata lain, ini adalah cara membuka jalur dalam tubuh mental, emosional, spiritual dan eterik untuk membiarkan getaran yang anda sesuaikan membantu anda dalam proses penyembuhan anda. Attunement hanya dapat diberikan oleh Master Reiki yang resmi dan memiliki kemampuan untuk itu. Kemampuan tersebut didapat dari proses attunement Master Reiki sebelumnya. Karena itu, dapat dikatakan bahwa attunement mewakili sesuatu yang memiliki karakter Reiki dari generasi ke generasi. Hal ini dapat dibuktikan dari asal usul turunan Reiki sampai ke Usui.

Setelah anda menerima attunement dari Reiki Master, anda telah terhubung dan berharmoni dengan sumber energi Reiki sehingga anda dapat mengakses dan menyalurkan energi Reiki, juga untuk obyek lain. Proses attunement juga berarti “menghubungkan kembali” dan “mengharmonikan” manusia sebagai mikrokosmos dengan alam sebagai makrokosmos. Dalam waktu 2-4 minggu setelah menerika attunement Reiki, sistem tubuh menyesuaikan diri dengan Reiki baru yang anda terima dan menyatukannya dengan anda secara utuh dan sempurna. Anda mengalami proses penyembuhan baik secara fisik, emosional maupun spiritual. Banyak orang merasa aliran hangat dalam tubuhnya ketika Reiki membersihkan dan menyeimbangkan sistem energi baru. Kadang-kadang efek yang muncul memiliki karakter emosional dan anda dapat mengingat hal-hal yang telah anda lupakan, atu merasa santai atau menyesal, atau tidak ingin menyentuh alkohol atau rokok lagi. Ada orang yang merasa kebahagiaan mendalam ketika melakukan pelayanan religius.

Reiki memilik beberapa kelebihan dibandingkan dengan teknik penyembuhan lain, diantaranya adalah:

* Mudah dipelajari, membutuhkan pengetahuan minimal
* Tidak memerlukan latihan fisik yang melelahkan
* Getarannya lebih halus, lebih efektif untuk penyembuhan
* Membuat penghubung kepada sumber kesulitan atau penyakit
* Energi tidak akan pernah habis dan aliran akan sesuai dengan kebutuhan
* Menyembuhkan masalah fisik, emosi, dan spiritual
* Mudah didapatkan, hanya dengan attunement selama 20 menit
* Dapat digunakan untuk membuat perlindungan
* Bersifat permanen selama tidak digunakan untuk hal-hal yang negatif
* Penyembuhan dapat dilakukan dari jarak jauh
* Energi negatif dari pasien tidak akan masuk ke dalam tubuh penyembuh
* Energi penyembuh tidak akan pernah habis
* Dapat dilakukan oleh tim penyembuh
* Energi penyembuhan dapat bertambah baik secara kuantitas maupun kualitas tiap kali menyalurkan energi
* Beberapa penyembuh dapat menggabungkan energi Reiki dengan energi lain untuk penyembuhan

Beberapa kegunaan Reiki, di antaranya adalah:

* Meningkatkan tingkat energi dan vitalitas anda
* Meningkatkan intuisi dan kedamaian
* Meningkatkan kesehatan, kualitas hidup dan pengembangan pribadi
* Mempercepat penyembuhan luka, kesulitan/penolakan, migren, asma dan banyak masalah kesehatan secara efektif.
* Mengurangi stres secara dramatis
* Mempercepat proses penyembuhan
* Mengurangi rasa sakit dan efek samping dari obat yang dimakan
* Membantu menyembuhkan penyakit, trauma dan operasi
* Menghilangkan racun dalam tubuh
* Mempercepat proses penyembuhan secara alami dengan cara mengharmonisasikan energi tubuh
* Membuat tangan anda sebagai pelengkap dokter
* Dapat digunakan untuk binatang and tumbuhan
* Memperbaiki tingkat kesesuaian dan keseimbangan seseorang
* Memperpanjang umur sel tubuh dan memperbaiki kulit

Ajaran Hidup Reiki:

* Hari ini, jangan marah. (Hanya untuk hari ini. Saya akan menyingkirkan rasa marah)
* Jangan cemas. (Hanya untuk hari ini. Saya akan menyingkirkan rasa cemas)
* Bersyukurlah. (Hanya untuk hari ini. Saya akan berterima kasih untuk semua berkat yang saya terima. )
* Rajin dalam semua yang anda lakukan. (Hanya untuk hari ini. Saya akan melakukan tugas saya dengan jujur).
* Perlakukan orang lain dengan kebaikan hati. Hanya untuk hari ini. Saya akan ramah pada tetangga saya dan semua mahluk hidup.

Kondisi apa yang dapat dibantu oleh Reiki?

Reiki adalah sistem alami untuk penyembuhan, mengurangi stress dan relaksasi. Sistem ini didasarkan pada keyakinan bahwa energi kehidupan atau Ki dapat dimanfaatkan dan digunakan untuk penyembuhan. Reiki menyingkirkan hambatan dalam sistem energi sehingga energi kehidupan dapat kembali mengalir dan memperbaiki keseimbangan penerima dan meningkatkan kemampuan alami tubuh untuk menyembuhkan diri sendiri. Reiki mengalir ke daerah yang paling memerlukan bantuan, bukan hanya pada gejalanya, karena itu dapat digunakan pada setiap tingkatan: fisik, mental, emosional dan spiritual.

Ketika mengikuti penyembuhan dengan cara Reiki, pasien dapat merasa lebih seimbang dan rileks atau lebih energetic dan sadar. Mereka dapat merasa lebih kreatif atau kurang emosional atau lebih tidak stress, dengan perasaan lebih baik. Reiki sangat berguna untuk mereka yang sedang menghadapi kesulitan atau tantangan dalam hidup. Luka parah dapat dibantu untuk sembuh lebih cepat tapi penyakit yang lebih kronis akan memerlukan waktu yang lebih lama. Kondisi seperti eksim, asma, alergi, sakit kepala, migren, sakit punggung, arthritis dan shok, sudah dipastikan memberikan respon yang baik terhadap Reiki. Beberapa orang melaporkan mengalami kesembuhan atau berkurang sakitnya setelah mengikuti sesi penyembuhan dan beberapa melaporkan kemudahan bergerak atau kemampuan untuk tidur dengan lebih baik. Kebaikan ini biasanya bertahan sekitar 3 sampai 10 hari dan seringkali masalahnya tidak muncul kembali.

Apa yang terjadi selama penyembuhan Reiki?

Menerima penyembuhan secara Reiki adalah proses yang sangat sederhana dan tidak mengganggu, namun sangat kuat. Para praktisi biasanya akan memberikan penjelasan singkat tentang cara penyembuhan ini dan mengajukan beberapa pertanyaan tentang riwayat kesehatan pasien. Kerahasiaan dijamin sebagai persyaratan standar etis asosiasi.

Sesi penyembuhan berlangsung sekitar satu jam dengan pasien dalam kondisi berbaring, dengan pakaian lengkap, di atas matras. Jika pasien tidak dapat berbaring, proses dapat dilakukan dalam kondisi duduk atau berdiri. Barang-barang seperti sepatu atau perhiasan biasanya dilepas. Ruangan penyembuhan biasanya hangat, bersih dan nyaman. Musik lembut, lilin dan selimut disediakan untuk menambah kenyamanan pasien. Tidak ada manipulasi karena Reiki bukanlah pijatan. Praktisi akan menyalurkan energi ke pasien melalui beberapa urutan posisi tangan di punggung dan tubuh bagian depan dan kepala. Praktisi akan menempatkan tangan pada posisi tertentu selama beberapa waktu dan lebih banyak waktu pada daerah yang lebih memerlukan. Reiki akan mengalir pada tempat yang paling dibutuhkan.

Apa yang akan saya rasakan selama proses penyembuhan?

Selama proses penyembuhan, banyak orang melaporkan sesansi seperti rasa panas, tingling, sejuk atau denyut atau melihat beberapa warna. Tapi banyak orang hanya merasakan kedamaian dan relaksasi: beberapa malah tertidur! Atau kadang proses penyembuhan dapat memberikan energi: tidak ada cara benar atau salah dalam pengalaman Reiki.

Apa yang dapat diharapkan setelah proses penyembuhan?

Segera setelah sesi Reiki, anda harus menyediakan sedikit waktu untuk kembali pada kesadaran anda. Anda dapat merasa sangat relaks sehingga anda sedikit bingung. Disarankan anda duduk sebentar dan minum.

Kemudian anda mungkin merasa bahwa tubuh anda melakukan detoksifikasi. Anda harus menambah jumlah air atau teh herbal yang anda minum supaya racun dapat dikeluarkan dengan lebih mudah. Anda juga mungkin ingin lebih banyak beristirahat. Banyak orang merasa rasa sakit berkurang dan rasa nyaman semakin dirasakan.

Anda mungkin mulai merasa lebih baik setelah sesi pertama. Jumlah dan frekwensi penyembuhan bervariasi untuk tiap-tiap orang. Secara umum, penyakit akut sembuh lebih cepat daripada penyakit kronis. Kalau penyakit anda sudah lama, anda membutuhkan proses penyembuhan lebih lama. Namun, anda bebas menentukan jenis pengobatan seperti apa yang anda inginkan.

Apakah Reiki merupakan suatu tindakan yang holistik?

Reiki sungguh holistic karena menyembuhkan keseluruhan manusia, bukan hanya gejalanya saja. Semua penyakit fisik, mental, emosional dan spiritual dapat disembuhkan. Reiki mengalir pada tempat yang paling membutuhkannya. Reiki adalah terapi yang dapat digunakan sendiri maupun sebagai pelengkap tindakan yang lain. Sangat disarankan anda tidak menghentikan pengobatan medis atau penyembuhan holistik cara apapun yang dibutuhkan, kecuali setelah anda mendiskusikannya dengan mereka.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: