Gtumo Tibetan

gTumo adalah “api suci” /scared fire yang merupakan pelajaran isoteric, exoteric dan mistik dari para Lama di Tibet. Semenjak dahulu kala sampai akhir abad 20 ini gTumo merupakan pelajaran yang sangat rahasia.

gTumo berasal dari bahasa Tibet yang berarti Energi Api Sakti. Sebelum sampai ke Tibet pengetahuan ini dikenal di India dengan nama Candali. Candali dibawa ke Tibet oleh Mahaguru Marpa, murid dari Naropa yang merupakan pewaris Tilopa yang legendaris. Menurut salah satu guru gTumo Exoteric saya, teknik ini berasal dari Maha Guru Atisha. Atisha sendiri berguru pada Maha Guru Dharmakirti Svarnadvipi, yang merupakan guru besar di kerajaan Sriwijaya, sebuah kerajaan kuno yang wilayahnya meliputi hampir seluruh tanah air Indonesia. Beberapa guru gTumo mengatakan bahwa teknik ini merupakan adopsi dari teknik pukulan api yang merupakan suatu ilmu bela diri yang ampuh. Ditangan para Maha Guru tersebut kemudian, teknik ini berubah menjadi gTumo yang lebih bermanfaat.

Kerja dari gTumo ini berhubungan dengan Kundalini yang berhubungan dengan Tenaga Panas yang dikenal dalam tradisi Nath disebut Rajas atau Surya , dalam Tantra Buddha dikenal Dengan nama Bodhicitta Merah atau disebut pula Candali yang dalam Bahasa Sanskrit Tibetan disebut gTumo.

Para praktisi gTumo membagi gTumo menjadi 3 bagian yaitu:

1.Gtumo Exoteric
Penguasaan gTumo exoteric sangat baik dalam penyembuhan segala macam penyakit baik tingkat fisik, mental, emosi, dan spiritual. Penerapan gTumo sangatlah mudah karena tidak menggunakan konsentrasi sama sekali, dan penyembuhan terjadi dengan sendirinya secara simultan dan holistis (menyeluruh). Didalam prakteknya (grade 2 keatas) terdapat beberapa symbol energi (16 symbol) yang harus digambar/divisualisasikan yang nantinya digunakan untuk hal-hal yang mendukung proses penyembuhan.

2.Gtumo Isoteric
gTumo isoteric dalam praktek lanjutannya (grade 2 keatas) menggunakan pola energi (tidak ada symbol) yang berjumlah 16 buah , gTumo isoteris tidak terpaku hanya pada penyembuhan saja, akantetapi ia sangat efektif untuk hal-hal lain diluar penyembuhan (peningkatan kesadaran spiritual, materialisasi dsb). Dengan gTumo isoteric tentu saja seseorang akan mampu bertahan dalam suhu yang sangat dingin tanpa pakaian sekalipun seperti yang terjadi di Lachi Kang (dekat puncak Everest) Himalaya .

3.Gtumo Mystic
gTumo mystic dalam prakteknya menggunakan mantra-mantra khusus yang dapat digunakan untuk berbagai macam hal walaupun tujuan utamanya adalah peningkatan kesadaran spiritual penghayatnya. Dengan berlatih gTumo mistik praktisinya akan mendapatkan kebahagiaan batin yang luar biasa.

Secara umum gTumo terdiri dari 4 grade/level, yaitu:

1. Level pertama (disebut juga: RESPA GTUMO atau SAKALIKARAN dalam Kitab Candali). Pada saat pertama kali siswa diselaraskan dengan energy gTumo ( atunement/ankur/angkur ) siswa tersebut akan dibuka jalur-jalur energinya (sushumna, ida, pinggala dan nadi-nadi lainnya) serta energi gTumo akan masuk ke Dan Tien Bawah Respa ini merupakan modal awal seorang Respa. Pada level ini diajarkan tatacara healing bagi diri sendiri dan orang lain jarak dekat dan jarak jauh tanpa symbol ataupun pola energi (basic distance healing). Seorang Respa menyalurkan energi gTumo kepada orang lain hanya dengan menempelkan kedua telapaktangannya pada tengkuk pasiennya (medulla oblongata). Penerapan gTumo dalam penyembuhan tidak disertai dengan konsentrasi, tata atur napas, dan obat-obatan. Dapat dikatakan gTumo mengalir pada saat kita berpikir hal-hal lain di luar usaha penyembuhan.

2.Level kedua (disebut juga: HIGH RESPA GTUMO atau SADHANA/SADHAKA dalam Kitab Candali) Pada level ini, energi gTumo praktisi akan diperkuat 108 kali lipat dengan cara mengaktifkan Dan Tien Tengah. Dibuka jalur-jalur energi baru dan membersihkan seluruh komponen tubuh secara simultan (chakra, nadi, aura dsb). High Respa akan diberikan hak guna symbol dan atau pola energi yang dpat digunakan untuk berbagai keperluan. Terdapat 4 simbol dan atau pola energi utama serta 9 simbol dan atau pola energi tambahan. Dengan menggunakan symbol/pola energi tersebut seorang High Respa akan dapat mengirim energi jarak jauh terhadap satu atau beberapa pasien secara bersamaan.

3. Level ketiga (disebut juga: MASTER GTUMO atau UCCHATTAN/VASHEEKARAN dalam Kitab Candali) Energi praktisi akan diperkuat menjadi 1000 kali lipat dengan cara diaktifkan Dan Tien Bawah, Tengah dan Atas nya dan diberikan beberapa teknik untuk memperkuat energi lebih kuat!

4. Level keempat (disebut juga: VAJRA MASTER GTUMO atau RISHI (dalam Kitab Candali) Pada level ini, praktisi dapat dikatakan telah mahir menggunakan gTumo dalam kesehariannya, energi yang dipunyai seorang Vajra diperkuat menjadi 10.000 kali lipat. Seorang VMG diberi hak untuk memberi angkur (inisiasi gTumo) karena dalam tingkatan ini seorang Vajra dapat menggunakan Dan Tien Bawah, Tengah dan Atas nya serta memadukannya secara sempurna, sehingga dapat membangkitkan energi gTumo seseorang, dalam istilah chikung disebut Chi Huoo yang berarti menyalakan api. Dalam tradisi gTumo biasanya seorang VMG akan diberikan nama spiritual (nama Sanskrit) dan ke-khas-an seorang Vajra Master gTumo adalah energi gTumo akan mengalir kepada mereka yang membutuhkan walaupun tidak bertemu langsung, hanya dengan menyebut nama spiritualnya dan atau membayangkan wajahnya saja!

Gtumo Tibetan : Gtumo ini berakar dari tradisi Tibetan, mengandung simbol-simbol Energi Tibetan, serta mempunyai kelengkapan Jubah Vajra, Tubuh Pelindung Vajra, dan Senjata Vajra serta juga pengunaan mantra-mantra untuk peningkatan kekuatan Gtumo.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: