>REIKI BALI

>Asal-Usul

Pengetahuan tentang sistem penyembuhan kuno lain memberikan penerangan pada asal usul Reiki sebelum Usui. Teknik penyembuhan kuno yang digunakan oleh orang-orang Bali menggunakan posisi tangan seperti di Reiki dan kemampuan untuk menyalurkan metode penyembuhan ini melalui pemberian wewenang dari guru kepada murid. Karena diajarkan secara lisan dari guru ke murid, sistem ini mirip dengan metode inisiasi dan attunement Reiki. Ada banyak spiritual lain dalam agama di Bali yang juga menyalurkan kemampunan melalui pemberian wewenang.

Sedikit tentang Agama di Bali.

Agama Hindu Bali, yang merupakan campuran dengan mitologi pra-Hindu, animisme dan Budha sangat terkait dengan seni dan ritual, dan sedikit terikat dengan kitab, hukum dan kepercayaan dibandingkan Islam di Indonesia. Hindu Bali kurang menekankan pada ajaran Hindu tradisional tentang siklus kelahiran dan reinkarnasi, tapi lebih pada banyak roh leluhur dan lokal. Seperti dalam kebatinan, dewa-dewa ini dianggap dapat menyebabkan kerusakan.

Masyarakat Bali sangat menekankan pada tindakan dramatis dan estetis melalui ritual perdamaian dengan roh-roh ini di pura yang tersebar di seluruh tempat. Masing-masing pura memiliki anggota tetap berdasarkan keturunan, tempat tinggal atau wahyu mistis. Beberapa pura diasosiasikan dengan lingkungan rumah, yang lain dengan sawah, dan yang lain lagi dengan lokasi geografis penting tertentu. Kondisi kontrol diri (atau kurang kontrol diri) yang diritualkan adalah ekspresi keagamaan masyarakat, yang untuk alasan ini, populer karena sikap mereka yang anggun dan terhormat. Sebuah upacara di sebuah pura di desa, misalnya, mempersembahkan sebuah drama tari (pertempuran antara karaktek mistik Rangda penyihir (mewakili kejahatan) dan Barong setengah dewa, singa supernatural (mewakili kebaikan), di mana para penari mengalami trance dan berusaha untuk menikamkan pisau tajam ke tubuh mereka sendiri, namun tidak terluka karena dilindungi oleh kekuatan spiritual Barong. Kekuasaan Sang Hyang Widhi

Dalam perspektif Hindu Bali, Yang Maha Kuasa dikenal dengan istilah Sang Hyang Widhi, atau lengkapnya, Ida Sang Hyang Widhi Wasa, yang berarti Tuhan Yang Maha Kuasa. Hanya ada satu Tuhan, walaupun ada banyak nama. Di antara berbagai nama Tuhan, ada tiga yang terkenal, yaitu Brahma, Wisnu, dan Siwa, yang bila digabung disebut Trimurti (Trinity). Brahma adalah dimensi Sang Hyang Widhi sebagai pencipta (utpatti), Wisnu adalah manifestasi dari Sang Hyang Widhi sebagai penjag (sthiti), dan Siwa adalah manifestasi Sang Hyang Widhi sebagai pengrusak (pralaya). Karena itu masyarakat Bali percaya bahwa semua ciptaan Sang Hyang Widhi akan mengalami siklus lahir, hidup dan mati. Inti kekuasaan Sang Hyang Widhi diekspresikan oleh semua keluarga Hindu di Bali dalam bentuk tempat penyembahan di tiap rumah.

Dalam Hindu Bali, konsep Tuhan Satu untuk Semua adalah intrinsik, tapi dewa-dewa tetap tidak dapat diberi nama dan tidak terlukiskan dan karenanya pengidentifikasian konsep Allah adalah Satu (terutama dengan jenis kelamin) dianggap sebagai membatasi yang tidak terbatas. Dalam seni, Sang Hyang Widhi didasarkan pada Trimurti Hindu tentang Brahma, Vishnu, and Shiva. Hasilnya masih misterius.

Dewa ini biasanya dikenal sebagai:
Sang Hyang Widhi Wasa Tuhan dalam rupa Trimurti yang Esa ( Trinity Suci)
Sang Hyang Tunggal Allah yang Maha Esa (Ayah dari Batara Guru = Siwa)
Sang Hyang Acintya Yang Tak Terlukiskan, Tuhan yang tidak dikenal

Agenda Workshop:

Pendahuluan
Apai itu Reiki?
Asal Usul
Reiki dan Agama Hindu
Pengenalan Agama di Bali
Agama Hindu
Filosofi
Etiket & Moral
Upacara dan Penyembahan
Kuasa Sang Hyang Widhi
Doa Sang Hyang Widhi
Proses Menggunakan Rohani Reiki
Mantra dan Simbol Sang Hyang Widhi
Mantra
Symbol
Metode Empowerment (Pemberian Wewenang) pada Diri Sendiri
Metode Attunement
Sinergi Metode Reiki dari Empowerment Rohani Reiki
Metode Empowerment Shaktipat Bali

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: