SAKYA TUMMO

SEJARAH TUMMO

Tummo merupakan teknik spiritual yang diajarkan oleh para Lhama Tibet.Tummo dalam bahasa Tibet bukan berarti panas atau hangat, tetapi menunjuk pada sebuah teknik mistik, dan energi yang dihasilkannya bukan pertama-tama untuk menghangatkan tubuh praktisi Tummo melainkan untuk mendukung usaha-usaha pencapaian kesempurnaan rohani.

Orang-orang Tibet membagi Tummo menjadi tiga fungsi: Tummo exoteric yang memberikan kemampuan untuk menyembuhkan dengan kehangatan yang lembut, Tummo esoteric yang memberikan kemampuan untuk bertahan dalam suhu yang sangat dingin, dan Tummo mistik (Kriya Yoga) yang memberikan kehangatan dalam pencapaian kebahagiaan rohani selagi masih hidup di dunia ini. Tummo esoteric (Chandali) sangat dikenal dan dikuasai oleh seluruh orang Tibet baik yang memperolehnya dengan usaha sendiri, inisiasi atau melalui Angkur dari seorang Vajra Master. Sementara Tummo exoteric dan mistik tidak dikuasai oleh banyak orang, bahkan di kalangan mistik Tibet hanya beberapa saja yang menguasai tiga macam Tummo sekaligus.

MANFAAT TUMMO

Dengan mengalirnya Tummo dalam diri seseorang maka seluruh tingkat baik fisik, mental, emosi, dan intuisi akan berkembang dengan lebih cepat. Dengan Tummo esoteric tentu saja seseorang akan mampu bertahan dalam suhu yang sangat dingin tanpa pakaian sekalipun seperti yang terjadi di Lachi Kang (dekat puncak Everest) Himalaya .

Penguasaan Tummo exoteric sangat baik dalam penyembuhan segala macam penyakit baik tingkat fisik, mental, emosi, dan spiritual. Penerapan Tummo sangatlah mudah karena tidak menggunakan konsentrasi sama sekali dan penyembuhan terjadi dengan sendirinya secara simultan pada semua tingkat baik fisik, mental, emosi dan spiritual. Seorang praktisi Tummo sendiri tidak perlu tahu penyakit yang diderita oleh pasien, sehingga ini sangat membantu bagi para pasien yang malu akan penyakit yang dideritanya. Tummo mistik dengan pasti mendorong seorang praktisi Tummo dalam waktu yang sangat singkat mencapai kesempurnaan dalam meditasi.

Kerja dari Tummo ini berhubungan dengan Kundalini yang berhubungan dengan Tenaga Panas yang dikenal dalam tradisi Nath disebut Rajas atau Surya, dalam Tantra Buddha dikenal Dengan nama Bodhicitta Merah atau disebut pula Candali yang dalam Bahasa Sanskrit Tibetan disebut TUMMO.

SAKYA TUMMO

Sakya Tummo adalah sistem Tummo yang diturunkan dan berakar pada Buddhisme. Sakya Tummo mengunakan lineage garis langsung: Sastra Vardhana – Nama Kamu. Berbeda dengan sistem Tummo pada umumnya, Sakya Tummo hanya memberikan satu kali angkur saja yakni grade Vajra Master. Meskipun demikian Sakya Tummo telah mencakupi seluruh tingkatan secara lengkap, pengunaan mantra dan mudra, serta terdapat juga tubuh pelindung vajra, senjata vajra dan lain-lain. Sebuah sistem Tummo yang sangat lengkap dan berkekuatan luar biasa. Sakya Tummo memungkinkan seorang murid mempercepat kemajuan spiritual dan kekuatan diri dalam memberikan penyembuhan kepada orang lain.

KOMPOSISI ENERGI SAKYA TUMMO

Dalam diri manusia setidaknya terdapat tiga jenis energi. Ketiga jenis energi ini dimanfaatkan secara optimal sebagai Booster dalam teknik Tummo. Ketiga jenis energi tersebut adalah :

1. Vayu, Energi kehidupan alam semesta yang mengalir dalam tubuh. Energi ini berunsur angin. Vayu ada banyak jenisnya, namun yang terpenting diketahui ada lima, yaitu :
• Prana, Pra berarti y ang pertama. Na berarti unit energi yang terkecil. Energi ini didapat dari setiap pernafasan. Berfungsi menggerakkan seluruh organ.
• Samana, Energi ini berfungsi untuk membantu pencernaan untuk memisahkan nutrisi dari bagian yang tidak berguna, sehingga menghasilkan energi ojas dan tejas.
• Vyana, Energi ini berfungsi membantu prana dan samana (ojas dan tejas) menyebar keseluruh badan.
• Apana, Energi yang berfungsi mendesak kotoran-kotoran atau sesuatu yang tidak diperlukan agar ke luar dari badan.
• Udana, Energi yang mendorong udara keluar dari paru-paru dan permukaan kulit. Termasuk juga mendorong roh keluar dari badan.

2. Ojas, Energi yang dihasilkan dari minuman. Energi ini berunsur cair. Ojas diperoleh dari air yang kita minum, buah dan sayuran segar yang masih berair.

3. Tejas, Energi yang dihasilkan dari makanan. Energi ini berunsur api. Biasanya diperoleh dari makanan keras dan padat.

Angkur Sakya Tummo juga akan memberikan penyelarasan dengan energi alam semesta yang akan masuk lewat Chakra Mahkota anda, serta membangkitkan energi Kundalini (pembangkitan Kundalini sebatas energi. Bukan kesadarannya atau tingkatan yang lebih tinggi. Kundalini tersimpan dalam 7 lapis bola konsentris. Lapisan ke tujuh ini dipercepat putarannya) yang akan bangkit lewat Chakra Dasar anda, yang kemudian digabung dengan energi Vayu, Ojas dan Tejas. Sehingga Tummo dirasakan oleh beberapa praktisinya memiliki kekuatan energi yang lebih kuat dibanding Reiki. Seseorang yang memang serius menekuni bidang spiritual hendaknya juga mengambil sistem Tummo, karena dalam sistem Tummo maka kita akan memperoleh:

* Pengaktifan Sumber Energy dalam Tubuh yakni Tantien Bawah, Tengah Dan Atas.
* Pengaktifan dan pembangkitan secara penuh Kundalini
* Pengaktifan Shield atau Aura Pelindung Tubuh dari semua serangan metafisik
* Pengaktifan dan menstabilkan sistem Yin Yang tubuh
* Pengaktifan seluruh 72.000 jalur nadi dan 365 chakra dalam tubuh fisik dan eterik
* Pengaktifan Mata Ke Tiga, Pineal, Pluitary Gland dan Sistem Ajna
* Pengaktifan energi langit dan bumi
* Pengaktifan seluruh sistem energi tubuh mencakup Vayu, Ojas, Tejas dan Tattva.

ISI LOKAKARYA:

1. Pengenalan Tummo dan Sejarah
2. Sejarah Buddha Sakyamuni
3. Afirmasi dan Tata Cara Angkur
4. Teknik-teknik Penghimpun Energi Tummo
5. Simbol-simbol dan makna
6. Mantra Sakyamuni Buddha
7. Kelengkapan Sakya Tummo
8. Mudra dan Perisai
9. Teknik Citta Sudhi Pranayama
10. Dan lain-lain

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: