Usui Reiki Ryoho

Usui Reiki Ryoho atau Reiki Ryoho atau Reiho (‘Metode Energi Penyembuhan Spiritual Usui):

Reiki berarti, ‘energi spiritual; dan Ryoho berarti, ‘metode, terapi pengobatan, penyembuhan – adalah nama asli yang dihubungkan ke Reiki oleh Mikao Usui. Ketika Reiki mencapai satori (pencerahan) pada Kurama Yama, Mikao Usui mengembangkan suatu sistem tentang kesehatan dan pertumbuhan spiritual, yang dia namakan Usui Reiki Ryoho, Reiki Ryoho atau singkatnya Reiho.

Usui Shiki Ryoho (Gaya Penyembuhan Usui):

Shiki artinya ‘ gaya , upacara, ritual, metode, sistem, bentuk; dan Ryoho artinya, ‘metode, terapa penyembuhan, pengobatan” – metode yang diajarkan oleh Aliansi Reiki dan beberapa Reiki Master independen. Tidak diketahui darimana asal nama Usui Shiki Ryoho. Mungkin ketika Dr. Hayashi atau Ibu Takata. Takata, dalam suatu sesi rekaman di tahun 1979 menceritakan sejarah Reiki dan merujuk Usui Reiki Ryoho sebagai nama dari sistem tersebut. Mrs. Takata menggunakan nama Usui Shiki Ryoho pada sertifikat yang dia berikan pada murid-muridnya. Ketika membandingkan informasi yang ada pada Usui Hikkei, Hayashi Hikkei dan buku Gray, ‘Peringatan terhadap Guru Takata’ dikompilasikan oleh Alice Takata Furumoto, pembaca dapat melihat bahwa informasi yang disajikan sangat mirip. Hanya sedikit terjadi perubahan. Dari informasi tersebut, cara penjabarannya dan beberapa teknik yang digunakan tidak berubah. Seperti diketahui Ibu Takata mengubah sejarah Reiki, mungkin untuk membuat sistem yang hebat ini dapat diterima dengan baik oleh Negara Kristen (Amerika). Penting juga diingat bahwa ketika dia baru mulai mengajar (1938 – 1980), Ibu Takata dihadapkan pada penyebaran ajaran Budha Jepang ke pemeluk Kristen di Amerika selama dan setelah perang (yang berakhir pada tahun 1945) dengan Jepang. Tidak mengherankan bila dia membuat beberapa perubahan.

Dr. Mikao Usui penemu Reiki Ryoho, mengadopsi lima perintah yang dikeluarkan oleh Kaisar Meiji, yang bila diterapkan bersamaan dengan Reiki, akan menyembuhkan badan, membawa kedamaian batin dan kebahagiaan hidup. Di bawah ini diberikan perintah-perintah ini, yang diajarkan sebagai Prinsip-prinsip Reiki. Menarik untuk melihat variasi dari berbagai organisasi Reiki, bahkan dalam versi terjemahannya (dari dokumen asli tulisan tangan Guru Usui).

Dari peringatan Guru Usui, bila membicarakan mengenai pengajaran, pertama-tama biarkan murid memahami dengan baik perintah Kaisar Meiji, kemudian di pagi dan malam hari, biarkan mereka menyanyikannya dan menyerapnya ke dalam pikirian kelima perintah tersebut yaitu:

* Hari ini jangan marah
* Jangan sedih
* Ungkapkan rasa terima kasihmu
* Rajinlah dalam berusaha
* Berbaik-hatilah pada orang lain

Apakah Reiki Ryoho

Guru Usui mengatakan, “Reiki Ryoho adalah teknik penyembuhan spiritual dan teknik penyembuhan dengan energi”. Penyembuhan spiritual menghubungkan seseoranng dengan Kesadaran Universal sehingga membawa pertumbuhan spiritual dengan cara menyembuhkan pola dan masalah utama dan membantu seseorang mengingat keutuhan dari “mereka yang sesungguhnya’. Penyembuhan dengan energi membebaskan dari rasa sakit dan gejalanya di pikiran, badan dan emosi.

Reiki Ryoho membawa orang pada kesadaran akan ‘tujuan hidup; membangun ‘Diri yang sadar akan ‘arti hidup’ sebagai bagian dari Kesadaran Universal; menghubungkan seseorang dengan tingkat kesadaran yang lebih tinggi. Reiki Ryoho dituntun secara spiritual, adalah suatu pengalaman individual dan suatu alat yang sangat berguna untuk pertumbuhan pribadi dan pencerahan spiritual.

Reiki Ryoho memperluas ‘Kasih, membantu orang memahami arti sesungguhnya dari ‘Kasih tanpa syarat”. Reiho meningkatkan dan menyebarkan getaran ‘Kasih’ pada setiap kehidupan.

Reiki Ryoho memperluas ‘Harmoni’, meningkatkan getaran (resonansi) seseorang sehingga selaras dengan yang Ilahi dan karenanya memberikan ‘Kedamaian’ dan kebahagiaan pada tingkat pribadi, keluarga dan global. Sistem ini untuk anda dan semua orang yang hidup yang mendambakan kehidupan berkualitas. Reiki adalah murni ‘Cahaya Ilahi’.

Reiki Ryoho mengembalikan keutuhan pada badan, pikiran dan jiwa, meningkatkan intuisi dan membantu seseorang dengan bakat-bakat ‘pemberian Tuhan’, misalnya kemampuan melihat, mendengar, dan merasakan hal-hal spiritual. Sistem ini adalah energi spiral yang berputar berlawanan jarum jam dan sulit dipahami, yang bekerja pada tingkat fisik, mental, emosional dan spiritual pada saat bersamaan. Sistem ini merupakan proses perubahan, yang akan meningkatkan alur peristiwa alami dan pola manifestasi dalam seluruh kehidupan. Teknik penyembuhan diri sendiri ini mendukung proses pertumbuhan dan transformasi pribadi di semua tingkatan.

Reiki Ryoho adalah sistem alami yang kuat yang membuka kunci aliran energi vital dalam badan, mengembalikan dan menyeimbangkan sistem energi dalam semua mahluk hidup. Sistem penyembuhan alami ini sempurna dan penuh secara mandiri, tapi dapat bekerja secara sinergi dengan metode penyembuhan lain. Sistem ini dapat mencegah penyakit, menjaga pikiran positif, membantu proses penyembuhan dan berguna dalam situasi darurat atau bila digunakan bersama dengan prosedur medis dan lainnya.

Reiki selalu tersedia dan tidak terbatas; sekali anda di-attune, anda akan terus memilikinya dan tidak dapat menggunakannya lebih daripada yang dibutuhkan. Reiki adalah sistem yang aman dan mudah digunakan kapan saja, di mana saja, dalam situasi apapun dan tidak dapat digunakan untuk memanipulasi atau mengontrol apapun.

Apa yang Bukan Reiki Ryoho

Reiki Ryoho bukanlah agama atau kepercayaan. Tidak ada dogma atau doktrin kepercayaan apapun. Tidak membutuhkan keyakinan, jadi tidak sama dengan “menganut sesuatu”. Reiki tetap bekerja tanpa mempedulikan apakah anda atau pasien anda percaya atau tidak.

Reiki Ryoho bukannya penyaluran (praktisi seperti corong), suatu bentuk pengontrolan pikiran atau hypnosis; tidak didasarkan pada imaginasi, keinginan atau visualisasi dan tidak tergantung pada pikiran. Anda tidak perlu dalam kondisi meditasi untuk melakukan Reiki Ryoho secara efektif.

Reiki Ryoho tidak melibatkan E.S.P. atau fenomena psychic yang tidak biasa; ini bukanlah penyembuhan secara gaib atau operasi gaib dan bukan teknik pemijatan.

Reiki Ryoho tidaklah sulit digunakan atau terbatas pada beberapa orang tertentu. Energi ini tidak hanya diperlukan pada waktu orang sakit atau digunakan untuk mengurangi rasa sakit dan gejalanya. Reiho membawa keutuhan pada badan, menyelaraskannya dengan ritme Keilahian dunia. Semua orang dapat belajar, menggunakan dan mengambil keuntungan dari penggunaan harian Reiho. Reiki Ryoho tidak dapat diajarkan oleh semua orang. Untuk bisa mengajarkan sistem ini, seorang guru perlu mendapatkan pelatihan yang ekstensif. Ada banyak organisasi, sekolah dan individu yang mengajarkan Reiki tapi hanya sedikit yang mengajarkan Usui Reiki Ryoho.

Keuntungan Reiki Ryoho

* Menyembuhkan penyebab, menghilangkan efek ketidak-seimbangan
* Tidak bertentangan dengan agama
* Sebuah metode alternatif, penyembuhan dan pertolongan alami
* Dapat digabungkan dengan metode penyembuhan lain
* Meminimalkan rasa putus asa bila dihadapkan pada situasi krisis
* Menghilangkan stress harian yang telah terakumulasi
* Bertahan seumur hidup
* Meningkatkan dari dalam diri kualitas kasih, perhatian, pertumbuhan, kepercayaan, aktualisasi diri. Kedamaian dan ketenangan
* Merupakan energi yang pintar yang mengalir pada tempat yang paling dibutuhkan
* Reiki akan mulai mengalir bila anda menyentuh sesuatu; energi ini selalu hidup
* Reiki tidak bertentangan dengan pengobatan medis; meningkatkan kerja obat-obatan, mempercepat waktu penyembuhan, mengurangi kebutuhan obat penaham sakit

Usui Shiki Ryoho diajarkan dalam 3 tingkatan

Karena disesuaikan untuk para murid di Barat, terminologi Jepang tidak digunakan untuk menggambarkan tingkatan ini – sebenarnya selain nama simbol dan istilah:, ‘Usui Shiki Ryoho’ dan ‘Usui Reiki Ryoho’ tidak ada istilah Jepang apapun yang digunakan.

Usui Shiki Reiki Ryoho Tingkat 1 (Shoden)

Usui Reiki tingkat satu akan memberikan pendahuluan mengenai sejarah Reiki, konsep penyembuhan dan memberikan pada anda kemampuan untuk menyembuhkan melalui proses attunement. Attunement yang sangat kuat ini adalah proses pembersihan dan penguatan hubungan anda dengan energi universal. Setelah attunement, anda akan mampu merasakan dan secara efektif mengarahkan energi ini untuk menyembuhkan diri sendiri dan orang lain.

Usui Shiki Reiki Ryoho Level 2 (Okuden)

Pada proses attunement ini digunakan symbol, yaitu simbol Kekuatan (Cho Ku Rei), Simbol Mental Emotional (Sei Hi Kei), simbol untuk penyembuhan jarak jauh (Hon Sha Ze Sho Nen). Pelatihan ini ditujukan bagi tingkatan praktisi untuk memungkinkan murid menjadi lebih ahli di Reiki dan mempraktekkannya. Anda akan belajar teknik penyembuhan jarak jauh dan memberikan penyembuhan kepada orang lain dan anda juga akan mempelajari simbol Reiki.

Usui Shiki Reiki Ryoho Level 3 Master/Teacher (Shinpiden)

Pada tingkat Master/Guru anda akan ditunjukkan dan diberikan attunement untuk satu simbol Master yang akan melengkapi kemampuan anda dan memungkinkan anda untuk memberikan attunement pada murid lain di ketiga tingkatan dan untuk mengajar orang lain.

Persyaratan: siapa saja, dasar sistem reiki
Penemu sistem: Mikao Usui

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: