>Grounding Dalam Tradisi INTI REIKI

>

Istilah grounding dalam praktek reiki sudah sering diulas dalam buku Reiki sesuai dengan aliran reiki yang dipelajarinya. Grounding sendiri bagi orang awam adalah selalu menghubungkan sesuatu ke bumi. Tengok saja perlengkapan rumah tangga Anda semua di rumah. Jika mempunyai lemari es, pesawat televisi, komputer tentu di belakang bodi perlengkapan elektronik tadi akan dihubungkan kabel yang ditancapkan paku ke lantai/tanah. Tujuannya agar saat peralatan itu digunakan tidak ada arus listrik yang nyetrum pada bodi peralatan itu. Itulah yang disebut grounding oleh pakar pembuatan alat elektronik.

Demikian pula grounding dalam praktek reiki mempunyai tujuan untuk membuang kelebihan energi reiki dalam diri seseorang agar tidak overdosis dalam tubuh yang menyebabkan praktisi reiki merasa kurang nyaman karena panas berlebihan dalam tubuh. Selain itu juga grounding dalam praktek reiki bertujuan untuk menghilangkan keletihan, stress, membuat seimbang energi dalam tubuh dan yang lebih penting adalah membuang kelebihan energi negative dalam tubuh yaitu energi penyakit, agar tubuh tetap nyaman, bugar dan terus sehat.

Praktek reiki saat menjalankan grounding bisa dilakukan dengan cara duduk bersila di mana pantat menyentuh tanah/lantai yang bertujuan agar chakra dasar praktisi reiki langsung membuka menempel ke bumi ( tanah ) sehingga energi negative penyakit langsung dibuang masuk ke dalam bumi tanpa mengganggu kehidupan mahkluk lain dalam bumi. Selain duduk di lantai praktisi reiki dapat juga melakukan grounding dengan duduk di kursi. Telapak kaki menempel pada lantai/tanah sehingga energi negative penyakit langsung dibuang masuk bumi lewat chakra kedua telapak kaki ini.

Ada pun praktek grounding yang dilakukan praktisi inti reiki dalam buku Rahasia Inti Reiki karangan Dr. Riko Rahardian halaman 76 – 78 mengambil sikap duduk bersila, berdiri, menulis, mandi, melukis, mengetik, buang air besar atau kecil. Jika anda kebetulan seorang praktisi inti reiki dan mempunyai hobi berselancar di internet dan sering menggunakan jari untuk mengetikkan kata demi kata menyusun kalimat, Anda dapat melakukan kegiatan ini sambil grounding. Untuk kegiatan mengetik di komputer usahakan Anda dalam kondisi tetap rileks baik fisik dan pikiran saat sedang mengetik.

Setelah Anda rileks berikan affirmasi, ” Ya…Tuhan, salurkan energi Inti Reiki untuk membersihkan tubuh saya dari energi negative. Energi akan keluar lewat chakra kedua telapak kaki ( karena duduk di kursi saat mengetik ) saat hentakan ujung kelima jari-jari tangan kanan/kiri sedang mengetik di komputer.” Bersamaan kegiatan mengetik sekaligus grounding ini, rasakan energi tercurah masuk lewat chakra mahkota Anda, turun ke seluruh tubuh dan keluar lewat chakra tersebut, sambil membawa energi negative, emosi negative, rasa lelah, nyeri. Lakukan grounding ini semampu anda melakukan pengetikan di komputer. Jika sudah nyaman hentikan kegiatan ini dan ucapkan syukur kepada Ilahi atas perkenan-Nya.

Tapi metode grounding ini apakah monopoli milik praktisi Inti Reiki saja? Saya kira tidak…semua orang asalkan dia sudah menjadi praktisi reiki dapat melatih dan kunci dari kegiatan grounding ini adalah peranan affirmasi dan sikap tubuh saat latihan grounding. Jika Anda perlu melatih grounding di saat mandi, buang air besar/kecil sejatinya Anda juga sedang grounding, karena kegiatan itu adalah dalam rangka membersihkan tubuh dari kotoran, seperti limbah pencernaan berupa faces dan air seni, daki yang menempel kulit karena keringat. Kotoran tubuh itulah yang harus dibuang setiap hari agar tubuh tetap sehat.

Grounding versi sehat dengan kundalini reiki adalah berdiri lalu olah raga berjalan kaki. Sambil berjalan kaki kita akses energi hijau daun sepanjang perjalanan lalu disalurkan ke mata agar mata tetap sehat. Semua dilakukan hanya dengan niat mengiringi affirmasi.

Lantas grounding berdiri versi Inti Reiki kalau boleh sehat dengan kundalini reiki jabarkan dalam praktek yang sampai saat ini saya lakukan dan ternyata membuat tubuh tetap fit, sehat dan bugar, adalah grounding sambil berjalan kaki sebagai bagian dari olahraga yang tidak boleh diabaikan dalam hidup ini. Karena dengan olahraga berjalan kaki maka tubuh akan berkeringat, semua otot tubuh akan bergerak, pembuluh darah akan lentur, sumbatan-sumbatan lemak dalam pembuluh darah dibakar dan dikeluarkan dalam bentuk keringat.

Selain itu pula grounding olahraga berjalan kaki, sambil berjalan kita akses energi hijau daun lalu salurkan ke dalam organ mata agar mata tetap sehat. Semua ini cukup dilakukan dengan niat mengiringi affirmasi pada saat akan start olahraga jalan kaki sekaligus melakukan grounding berdiri karena orang berjalan kan berdiri sikap tubuhnya.Tentu saja masih banyak versi grounding dalam praktek reiki. Anda dapat menggali sikap grounding lebih jauh sesuai versi Anda masing-masing.[arumsekartaji.wordpress.com}

Nb.
Jadi kesimpulannya yang menjadi kunci dari tekhnik Grounding ini adalah :

  1. NIAT
  2. AFFIRMASI
  3. PROGRAMMING 

Silahkan Praktisi NAQS DNA untuk menciptakan variasi tekhnik yang diperlukan sesuai kebutuhan. Semoga bermanfaat, Terima kasih.. ►Mas Eddy Sugianto

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: